Profil Literasi Matematis Konten Ketidakpastian dan Data Ditinjau Dari Gaya Kognitif

Ayuningtyas, Nurina (2017) Profil Literasi Matematis Konten Ketidakpastian dan Data Ditinjau Dari Gaya Kognitif. In: SEMINAR MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA UNY 2017, 2017, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
2.pdf

Download (483kB) | Preview

Abstract

Dokumen Literasi matematis dalam OECD (2014: 25) merupakan kemampuan individu dalam merumuskan, menerapkan dan menafsirkan matematika di berbagai konteks. Hasil penelitian literasi matematika PISA 2009, siswa Indonesia menunjukkan peningkatan dari tahun 2003 sebesar 11 poin. Hasil tersebut mengkhawatirkan karena 80% siswa Indonesia berada pada level 2. Hasil penelitian 2012 siswa Indonesia diperingkat 64 dari 65 negara dengan tingkat pencapaian rendah. Sebanyak 98,5% siswa Indonesia yang berusia 15 tahun berpartisipasi dan hanya mencapai level 3. Dalam PISA Result in Focus 2015 peringkat Indonesia mengalami kenaikan dan berada pada urutan 63 dari 72 negara. Hasil tersebut menunjukan bahwa kemampuan literasi matematika siswa Indonesia tergolong rendah jika dibandingkan dengan negara lainnya. Tujuan diadakan penelitian ini yaitu mendeskripsikan profil literasi matematis konten ketidakpastian dan data siswa kelas X bergaya kognitif visualizer dan verbalizer. Namun dalam penelitian ini hanya dibatasi materi data atau yang dikenal dengan statistika dan soal matematika model PISA dengan konteks personal. Metodologi penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini antara lain profil literasi matematis subjek visualizer dan verbalizer merumuskan permasalahan dengan menyebutkan kategori data berdasarkan informasi pada soal. Ketika memodelkan subjek verbalizer merepresentasikan data yang terdapat pada soal dengan menggambarkan diagram batang majemuk sedangkan subjek visualizer menggambarkan diagram batang tunggal. Dalam menerapkan rancangan model matematika, subjek visualizer dan verbalizer menggunakan aplikasi Ms.Word untuk menggambar diagram batang. Subjek verbalizer menafsirkan hasil matematis dan mengevaluasi kewajaran solusi sesuai dengan diagram yang digambarkan. Subjek visualizer menafsirkan diagram batang tunggal ke dalam konteks nyata dengan menyimpulkan jumlah data terbanyak dan terendah.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: literasi matematis, konten ketidakpastian dan data
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Guntur Aprilaksono
Date Deposited: 23 Jun 2018 04:53
Last Modified: 23 Jun 2018 04:53
URI: https://repository.stkippgri-sidoarjo.ac.id/id/eprint/75

Actions (login required)

View Item View Item