APLIKASI TEORI GESTALT DALAM MEWUJUDKAN PEMBELAJARAN BERMAKNA (MEANINGFUL LEARNING)

Fatihul, Amin (2016) APLIKASI TEORI GESTALT DALAM MEWUJUDKAN PEMBELAJARAN BERMAKNA (MEANINGFUL LEARNING). Jurnal Edukasi, 2 (2). pp. 117-128. ISSN 2443-0455

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Pembelajaran dalam proses pendidikan diharapkan mampu merubah tingkah laku, sikap, dan keterampilan. Namun, kenyataannya pembelajaran hanya sebagai formalitas dalam upaya memenuhi kewajiban tugas sebagai guru mengajar maupun anak didik untuk belajar. Untuk mewujudkan hasil pembelajaran tersebut perlu melakukan pembelajaran yang bermakna (meaningful learning). Pembelajaran bermakna akan terwujud jika pembelajaran mempelajari gejala sebagai suatu keseluruhan atau totalitas seperti dalam teori Gestalt. Teori Gestalt berpusat pada apa yang dipersepsi merupakan suatu kebulatan, suatu unity. Wujud riil dari penerapan teori Gestalt adalah dengan melakukan pembelajaran terpadu

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Sejarah
Depositing User: Umi Nur Hastuti
Date Deposited: 07 Apr 2018 06:06
Last Modified: 07 Apr 2018 06:06
URI: https://repository.stkippgri-sidoarjo.ac.id/id/eprint/67

Actions (login required)

View Item View Item