PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN BRPIKIR MATEMATIS RIGOROUS (RMT) PADA MATERI BANGUN RUANG DI KELAS VIII D SMP NUSANTARA KRIAN

Irawati, Fifin and Kusumawati, Intan Bigita (2016) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN BRPIKIR MATEMATIS RIGOROUS (RMT) PADA MATERI BANGUN RUANG DI KELAS VIII D SMP NUSANTARA KRIAN. Jurnal Pendidikan Matematika, 4 (1). pp. 1-15. ISSN 2337-8166

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Dewasa ini beberapa penelitian di dunia dilakukan untuk menunjukkan keampuhan dan keberhasilan sebuah paradigma baru untuk penciptaan berpikir matematika tingkat tinggi dan pengembangan konseptual matematika dan ilmu pengetahuan. Dari paradigma itulah muncul gagasan teori Rigorous Mathematical Thinking (RMT). Dengan mengembangkan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan berpikir matematis rigorous (RMT), guru dapat memediasi siswa dalam penggunaan fungsi kognitif RMT dalam membangun konsep matematika pada kegiatan belajara mengajar. Karakteristik pendekatan berpikir matematis rigorous (RMT) yaitu adanya teori Sosiokultural Vygotsky dan teori Mediated Learning Experience (MLE). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian adalah RPP, LKS dan THB. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan pembelajaran menurut Thiagarajan dan Semmel yang telah dimodifikasi sehingga menjadi model 3-D, yang terdiri dari: tahap Pendefinisian (define), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan (develop). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMP Nusantara Krian. Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Umi Nur Hastuti
Date Deposited: 23 Jun 2018 04:24
Last Modified: 23 Jun 2018 04:24
URI: https://repository.stkippgri-sidoarjo.ac.id/id/eprint/66

Actions (login required)

View Item View Item