PENGARUH PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP HASIL BELAJAR LIMIT FUNGSI ALJABAR PADA KELAS XII

Ulfa, Aprilia Nur and S, Bambang (2017) PENGARUH PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP HASIL BELAJAR LIMIT FUNGSI ALJABAR PADA KELAS XII. Jurnal Edukasi. ISSN 2443-0455 (Unpublished)

[img] Text
jurnal aprilia.docx

Download (31kB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan open-ended. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendiskripsikan pengaruh pendekatan open-ended terhadap hasil belajar siswa pada materi limit fungsi aljabar. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XII MIPA 1 SMA Senopati pada tahun ajaran 2017/2018. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar aktivitas guru, lembar aktivitas siswa dan lembar tes hasil belajar yang terdiri dari 3 soal bentuk uraian. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homoskedastisitas dan uji-t untuk menguji hipotesis statistik. Nilai korelasi penelitian ini tergolong kuat karena mencapai nilai 0,79. Dari perhitungan tersebut diperoleh nilai thitung 7,0 kemudian dikonsultasikan pada ttabel pada taraf signifikansi 5% diperoleh nilai ttabel 2,042 karena thitung (7,0) ≥ ttabel (2,042) maka H0 ditolak, artinya terdapat pengaruh pendekatan open-ended terhadap hasil belajar siswa. Adapun besar pengaruh pendekatan open-ended terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas XII MIPA 1 SMA Senopati adalah 62,41%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Open-Ended, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Guntur Aprilaksono
Date Deposited: 23 Jun 2018 04:22
Last Modified: 23 Jun 2018 04:22
URI: https://repository.stkippgri-sidoarjo.ac.id/id/eprint/51

Actions (login required)

View Item View Item