PENINGKATAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DENGAN MATERI PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL

Sani, Rizna Dian Eril and Effendy, Dzulkifli PENINGKATAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DENGAN MATERI PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL. Repository STKIP PGRI Sidoarjo. (Unpublished)

[img] Text
ARTIKEL.doc

Download (200kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil wawancara peneliti dengan guru yang menjelaskan bahwa nilai ulangan harian siswa kurang memuaskan, disebabkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kurang menguasai. Maka dari itu salah satu upaya guru untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika adalah dengan menggunakan pembelajaran problem posing. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengelolaan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar dengan penerapan pembelajaran problem posing. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan guru, aktivitas siswa, hasil belajar dengan penerapan pembelajaran problem possing. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP ISLAM Krembung Sidoarjo Tahun Pelajaran 2013/2014. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pengelolaan guru pada siklus I dan II sebesar 2,1 menjadi 2,7 (2) Aktivitas siswa kelas VII SMP ISLAM Krembung Sidoarjo : a) Memahami masalah siklus I dan II 61,7% meningkat mencapai 93,3%, b) Merencanakan penyelesaian siklus I dan II 52,5% mencapai 77,5%, c) Menyelesaikan siklus I dan II 47,5% meningkat 73,75% dan d) Mengevaluasi siklus I dan II 72,5% meningkat 97,5% dan (3)Rata-rata hasil belajar siklus I dan II 68,48 meningkat 88,69.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Problem Posing, Pemecahan Masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: S.Pd. Umi Nur Hastuti
Date Deposited: 16 Apr 2019 11:41
Last Modified: 16 Apr 2019 11:41
URI: https://repository.stkippgri-sidoarjo.ac.id/id/eprint/434

Actions (login required)

View Item View Item