ANALAISIS KEMAMPUAN PENALARAN SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR VARK

Chayono, Ahmad Didit and Nuriyatin, Siti ANALAISIS KEMAMPUAN PENALARAN SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR VARK. Repository STKIP PGRI Sidoarjo. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
1431005 - ARTIKEL.pdf

Download (408kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran siswa ditinjau dari gaya belajar VARK. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X SMA MUHAMMADIYAH 3 Tulangan pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019. Subjek penelitian ini adalah 4 siswa kelas X SMA MUHAMMADIYAH Tulangan yang terdiri dari 1 siswa dengan gaya belajar visual, 1 siswa dengan gaya belajar aural, 1 siswa dengan gaya belajar read/write, dan 1 siswa dengan gaya belajar kinestetik. Instrumen pengumpul data yang digunakan adalah angket untuk mengelompokkan siswa berdasarkan gaya belajarnya; tes tulis dan wawancara untuk mengetahui kemampuan penalaran siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa bertipe visual, aural dan kinestetik mampu bernalar pada setiap tahap. Siswa yang bertipe read/write hanya bernalar pada indikator menyajikan masalah matematika pada tahap memahami masalah dan penyelesaian, serta manipulasi matematika pada tahap penyelesaian.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Analisis, Kemampuan Penalaran, Gaya Belajar VARK
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Umi Nur Hastuti
Date Deposited: 20 Mar 2019 06:32
Last Modified: 20 Mar 2019 06:32
URI: https://repository.stkippgri-sidoarjo.ac.id/id/eprint/433

Actions (login required)

View Item View Item