PROSES BERPIKIR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSI

Solichuddin, Nur and Nuriyatin, Siti and Fachrudin, Achmad Dhany PROSES BERPIKIR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSI. Repository STKIP PGRI Sidoarjo. (Unpublished)

[img] Text
artikel.doc

Download (80kB)

Abstract

Proses berpikir merupakan aktivitas kognitif yang terjadi di dalam mental seseorang dan bersifat internal. Proses berpikir tersebut dapat dilihat dengan membuat seseorang berpikir kemudian diminta menceritakan yang terjadi dalam pikirannya. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi sistem persamaan linear dua variabel ditinjau dari kecerdasan emosi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan di SMK PGRI 2 Sidoarjo tahun ajaran 2015-2016 subjek penelitian ini terdiri dari tiga siswa yang mempunyai tingkat kecerdasan emosi yang berbeda-beda tinggi, sedang, rendah. Instrumen penelitian ini terdiri dari angket, tes soal cerita, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian yaitu siswa yang mempunyai kecerdasan emosi tinggi menggunakan proses berpikir predikatif, siswa yang mempunyai kecerdasan emosi sedang menggunakan proses berpikir predikatif, dan siswa yang mempunyai kecerdasan emosi rendah menggunakan proses berpikir predikatif dan fungsional.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: proses berpikir, soal cerita, kecerdasan emosi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Guntur Aprilaksono
Date Deposited: 20 Mar 2019 06:25
Last Modified: 20 Mar 2019 06:25
URI: https://repository.stkippgri-sidoarjo.ac.id/id/eprint/430

Actions (login required)

View Item View Item