School Improvement Sebagai Solusi Atas Dereduksinasi Pendidikan Bangsa

Mubarok, M. Khusni (2016) School Improvement Sebagai Solusi Atas Dereduksinasi Pendidikan Bangsa. Jurnal Pendidikan, 2 (2). pp. 125-132. ISSN 2598-4187

[img] Text (Jurnal Edukasi)
10 - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (23kB) | Request a copy

Abstract

Bukan merupakan suatu kebanggaan jika konsep kompetisi masih menjadi pola yang diterapkan dalam dunia pendidikan, terkhusus di Indonesia. Dampak yang muncul adalah yang sudah di atas akan cenderung mendominasi dan sebaliknya yang terlanjur di bawah akan terus di bawah bahkan semakin merosot, padahal yang diharapkan dari adanya pendidikan adalah bisa mencetak lulusan yang berkompetensi dan berkarakter (bermoral). Sekolah sebagai lembaga pendidikan memiliki peran terdepan dalam amanat akademis ini, akan tetapi karena faktor kebijakan regulasi berbasis kompetisi masih menjadi tren sehingga citra sekolah seakan tidak lagi sebagai tempat sakral pendidikan, melainkan menjadi tempat pencetak kompetitor yang sudah tidak mengenal kultur. Jika sekolah masih dianggap sebagai tempat formal proses belajar mengajar, maka harus ada suatu perhatian khusus bagi sekolah yang masih belum cukup layak disebut sebagai lembaga pendidikan yang efektif. Perbaikan sekolah adalah solusi utama dalam upaya mensejajarkan posisi sekolah dalam standar pelayanan kegiatan belajar mengajar. Ada tiga tipe sekolah dalam analisis school improvement (perbaikan sekolah), yaitu; 1) Sekolah Efektif, yaitu sekolah yang sudah bisa memelihara posisi mereka sendiri. 2) Sekolah Cukup Efektif, yaitu perlu adanya kerjasama dari lembaga lain dalam perbaikan. 3) Sekolah Gagal, adalah sekolah yang dalam perbaikannya perlu adanya interfensi dari pihak luar. Prinsip improvement dilandasi atas tiga hal antara lain; adanya teori pengembangan yang sehat, research yang bisa digunakan dalam perbaikan dan harus mau

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: School Improvement, Pendidikan Bangsa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: M. Khusni Mubarok
Date Deposited: 28 Feb 2019 03:48
Last Modified: 28 Feb 2019 03:48
URI: https://repository.stkippgri-sidoarjo.ac.id/id/eprint/407

Actions (login required)

View Item View Item