Analisis Pemahaman Konsep Nilai Mutlak Pada Siswa Berdasarkan Perbedaan Jenis Kelamin

Wicaksono, Mochamad Hanafi and Sukriyah, Dewi and Kusumawati, Intan Bigita Analisis Pemahaman Konsep Nilai Mutlak Pada Siswa Berdasarkan Perbedaan Jenis Kelamin. STKIP PGRI Sidoarjo. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
1431051 - Artikel.pdf

Download (548kB) | Preview

Abstract

Untuk memahami konsep nilai mutlak, siswa laki-laki maupun siswa perempuan perlu mengetahui suatu hal kemudian dimengerti, diingat, dan diterapkan dengan benar tentang materi nilai mutlak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemahaman konsep nilai mutlak pada siswa berdasarkan perbedaan jenis kelamin, siswa laki-laki dan siswa perempuan yang telah mempelajari materi nilai mutlak kelas X IPA di SMA Negeri 1 Porong pada tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Porong dengan subjek dua siswa laki-laki dan dua subjek siswa perempuan mempunyai kemampuan setara yang diperoleh berdasarkan rekomendasi guru matematika. Data yang dikumpulkan oleh peneliti dengan metode tes 1 dan wawancara 1 dilanjutkan dengan tes 2 dan wawancara 2. Setelah peneliti melakukan wawancara dengan guru matematika, maka diperoleh Subjek penelitian yang terdiri dari 2 siswa laki-laki 2 siswa perempuan. Analisis data meliputi: mereduksi, menyajikan, dan menarik kesimpulan pemahaman konsep nilai mutlak pada siswa laki-laki dan siswa perempuan yang menggunakan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan siswa perempuan lebih memahami materi nilai mutlak ditunjukkan dengan memenuhi indikator pemahaman konsep antara lain menginterpretasi, mencontohkan, menyimpulkan, menjelaskan, mengklasifikasikan, membandingkan dan merangkum, sedangkan siswa laki-laki mampu memahami pada indikator menyimpulkan, menjelaskan, mengklasifikasikan, membandingkan dan merangkum saja.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep, Nilai Mutlak, Perbedaan Jenis Kelamin.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Mochamad Hanafi Wicaksono
Date Deposited: 16 Apr 2019 11:40
Last Modified: 16 Apr 2019 11:40
URI: https://repository.stkippgri-sidoarjo.ac.id/id/eprint/402

Actions (login required)

View Item View Item