PROFIL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN DATAR DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA

Aini, Isna Nuril and Agustina, Eka Nurmala Sari and Kusumawati, Intan Bigita PROFIL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN DATAR DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA. STKIP PGRI Sidoarjo. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
1331042 - Artikel.pdf

Download (385kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil siswa dalam memecahkan masalah matematika pada materi bangun datar ditinjau dari gaya belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2017/2018 di kelas VIII-A MTs Darun Najah. Penelitian ini memberikan lembar angket gaya belajar kepada kelas VIII A yang terdiri dari 33 siswa yang menunjukkan bahwa sebanyak 15 siswa bergaya belajar visual, 9 siswa bergaya belajar auditorial, 6 siswa bergaya belajar kinestetik dan 3 siswa bergaya belajar visual-auditorial. Diperoleh 3 siswa yang menjadi subjek penelitian berdasarkan masing-masing gaya belajar untuk diberikan lembar tes pemecahan masalah. Setelah dilakukan tes pemecahan masalah, selanjutnya dilakukan wawancara untuk melihat hasil pekerjaan pemecahan masalah siswa. Analisis data dalam penelitian ini meliputi: mereduksi, menyajikan dan menarik kesimpulan siswa dalam memecahkan masalah matematika. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa bergaya belajar visual dalam memecahkan masalah matematika membaca soal secara berulang-ulang untuk memahami masalah dan dalam penyelesaiannya menggunakan uraian singkat. Siswa bergaya belajar auditorial dalam memecahkan masalah lebih menggunakan bahasa sendiri meskipun ragu-ragu terhadap hasil pekerjaannya. Siswa bergaya belajar kinestetik dalam memecahkan masalah seringkali menggunakan isyarat tubuh, lebih banyak bergerak dan sulit untuk bisa duduk dengan tenang.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pemecahan Masalah Matematika, Bangun Datar dan Gaya Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Isna Nuril A
Date Deposited: 16 Apr 2019 11:04
Last Modified: 16 Apr 2019 11:04
URI: https://repository.stkippgri-sidoarjo.ac.id/id/eprint/391

Actions (login required)

View Item View Item