ANALAISIS KEMAMPUAN PENALARAN SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR VARK

Cahyono, Ahmad Didit and Nuriyatin, Siti and Soerjono, Bambang (2019) ANALAISIS KEMAMPUAN PENALARAN SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR VARK. THETA Jurnal Pendidikan Matematika, 1 (2). pp. 58-61. ISSN 2656-7172 (Unpublished)

[img]
Preview
Text
1431005 - ARTIKEL.pdf

Download (408kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran siswa ditinjau dari gaya belajar VARK. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X SMA MUHAMMADIYAH 3 Tulangan pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019. Subjek penelitian ini adalah 4 siswa kelas X SMA MUHAMMADIYAH Tulangan yang terdiri dari 1 siswa dengan gaya belajar visual, 1 siswa dengan gaya belajar aural, 1 siswa dengan gaya belajar read/write, dan 1 siswa dengan gaya belajar kinestetik. Instrumen pengumpul data yang digunakan adalah angket untuk mengelompokkan siswa berdasarkan gaya belajarnya; tes tulis dan wawancara untuk mengetahui kemampuan penalaran siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa bertipe visual, aural dan kinestetik mampu bernalar pada setiap tahap. Siswa yang bertipe read/write hanya bernalar pada indikator menyajikan masalah matematika pada tahap memahami masalah dan penyelesaian, serta manipulasi matematika pada tahap penyelesaian.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Analisis, Kemampuan Penalaran, Gaya Belajar VARK.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Umi Nur Hastuti
Date Deposited: 28 Feb 2019 03:36
Last Modified: 24 Apr 2020 02:58
URI: https://repository.stkippgri-sidoarjo.ac.id/id/eprint/389

Actions (login required)

View Item View Item