Profil Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Ditinjau Dari Gaya Kognitif Visualizer Dan Verbalizer

Anggraeni, Anggi and Widadah, Soffil and Fachrudin, Achmad Dhany Profil Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Ditinjau Dari Gaya Kognitif Visualizer Dan Verbalizer. Repository STKIP PGRI Sidoarjo. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
1431012 - Artikel.pdf

Download (587kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kemampuan koneksi matematika siswa SMP dalam menyelesaikan masalah kontekstual ditinjau dari gaya kognitif visualizer dan verbalizer. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI-A MTs. Ma’arif Nu Ngaban Tanggulangin pada semester ganjil tahun ajaran 2017/2018. Subjek penelitian ini adalah 4 siswa dari kelas XI-A MTs. Ma’arif Nu Ngaban Tanggulangin yang terdiri dari 2 siswa visualizer dan 2 siswa verbalizer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang bergaya kognitif visualizer memenuhi indikator mengidentifikasi, mengenali keterkaitan antar ide matematika, menggunakan keterkaitan antar ide matematika, menerapkan konsep dan prosedur pada situasi baru, menghubungkan masalah dengan ide matematika, menghubungkan hasil perhitungan dengan simpulan akhir (situasi nyata). Sedangkan siswa yang bergaya kognitif verbalizer memenuhi indikator mengidentifikasi, mengenali keterkaitan antar ide matematika, menggunakan keterkaitan antar ide matematika, menerapkan konsep dan prosedur pada situasi baru, menghubungkan masalah dengan ide matematika.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Koneksi Matematika, Masalah Kontekstual, Gaya Kognitif Visualizer dan Verbalizer.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Anggi Anggraeni
Date Deposited: 16 Apr 2019 10:39
Last Modified: 16 Apr 2019 10:39
URI: https://repository.stkippgri-sidoarjo.ac.id/id/eprint/383

Actions (login required)

View Item View Item