PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FUNGSI MATEMATIKA

Fahruzaman, Moch Adam and Ayuningtyas, Nurina and Soerjono, Bambang (2018) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FUNGSI MATEMATIKA. Repository STKIP PGRI Sidoarjo. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
1431045 - Artikel.pdf

Download (456kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Metode Pembelajaran Discovery terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Fungsi SMP Muhammadiyah 5 Tulangan-Sidoarjo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain One- Shot Case Study. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 5 kelas VIII C Tulangan-Sidoarjo. Sampel yang digunakan yaitu satu kelas yang random. Instrument dalam penelitian ini yaitu observasi dan soal tes. Analisis data yang digunakan meliputi: uji asumsi Regresi yang meliputi Uji Normalitas dan Uji Auto Korelasi selain itu juga menggunakan uji Regresi Liniear Sederhan. Hasil analisis menunjukkan bahwa Fhitung (17,847645681) > Ftabel (4,17) sehingga H0 ditolak dan thitung2,048 > ttabel 2,042 sehingga H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metodel pembelajaran discovery terhadap hasil belajar siswa pada materi fungsi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran , Pembelajaran Discovery, Fungsi Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Guntur Aprilaksono
Date Deposited: 16 Apr 2019 10:39
Last Modified: 16 Apr 2019 10:39
URI: https://repository.stkippgri-sidoarjo.ac.id/id/eprint/380

Actions (login required)

View Item View Item