Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Metode Scramble Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 3 Tulangan

Firmani, Citra Windihyanti and Dhewy, Risdiana Chandra and Sukriyah, Dewi Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Metode Scramble Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 3 Tulangan. Repository STKIP PGRI Sidoarjo. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
a. 1431022 - ARTIKEL.pdf

Download (966kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran menggunakan metode scramble terhadap hasil belajar matematika siswa pada kelas X SMA Muhammadiyah 3 Tulangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian yang digunakan yaitu One-Shot Case Study. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 20 sampai 24 Juli 2018 di SMA Muhammadiyah 3 Tulangan. Sampel penelitiannya adalah kelas X IPA 3, yang berjumlah 23 siswa menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi dan lembar tes (post-test). Hasil analisis data dilakukan dengan menggunakan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi selanjutnya melakukan analisis regresi linier sederhana. Hasil analisis menunjukkan bahwa t-hitung sebesar 12,285 > t-tabel (2,080) dan sig < 0,05 (0.000 < 0,05) hal ini berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan metode scramble berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Muhammadiyah 3 Tulangan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran metode scramble, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Citra Windihyanti Firmani
Date Deposited: 16 Apr 2019 10:39
Last Modified: 16 Apr 2019 10:39
URI: https://repository.stkippgri-sidoarjo.ac.id/id/eprint/379

Actions (login required)

View Item View Item