Profil Kemampuan Siswa Dalam Mengajukan Soal Matematika Kontekstual Ditinjau Dari Gaya Belajar Vark

Hikmah, Aisyah Diniyatul and Nuriyatin, Siti and Soerjono, Bambang (2020) Profil Kemampuan Siswa Dalam Mengajukan Soal Matematika Kontekstual Ditinjau Dari Gaya Belajar Vark. JEDMA Jurnal Edukasi Matematika, 1 (1). pp. 32-36. ISSN 2746 –637X

[img]
Preview
Text
1431007 - Artikel.pdf

Download (323kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan profil kemampuan siswa dalam mengajukan soal matematika kontekstual ditinjau dari gaya belajar VARK. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII-C MTs Ma’arif NU Ngaban, Tanggulangin pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019. Subjek penelitian ini adalah 4 siswa dari kelas VIII-C MTs Ma’arif NU Ngaban, Tanggulangin yang terdiri dari 1 siswa dari gaya belajar visual, aural, read/write, dan kinestetik. Hasil penelitian menunjukkan deskripsi siswa dalam memahami informasi, subjek visual memahami informasi dengan cara membaca soal secara berulang dan menandai poin penting, subjek aural memahami informasi dengan cara membaca soal secara berulang dengan sedikit bersuara dan menuliskan informasi penting, subjek read/write memahami informasi dengan cara membaca soal dengan tenang dan menuliskan informasi penting, sedangkan subjek kinestetik memahami informasi dengan cara membaca soal menggunakan alat tulisnya sebagai penunjuk bacaannya dan menuliskan informasi yang penting. Pada tahap menyusun rencana pembuatan soal subjek visual, aural, read/write, dan kinestetik menggunakan informasi yang diperoleh. Pada tahap membuat soal subjek visual, read/write, dan kinestetik dapat membuat soal sesuai dengan yang telah direncanakan. sedangkan subjek aural tidak dapat membuat soal sesuai dengan yang telah direncanakan. Pada tahap memeriksa soal terlihat bahwa soal yang dibuat oleh subjek visual, read/write, dan kinestetik dapat diselesaikan dan sesuai dengan materi soal yang diberikan peneliti, sedangkan subjek aural terlihat tidak dapat menyelesaikan soal yang dibuat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Profil, Problem Posing, Soal Matematika Kontekstual, Gaya Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Aisyah Diniyatul Hikmah
Date Deposited: 16 Apr 2019 10:36
Last Modified: 14 Dec 2020 07:41
URI: https://repository.stkippgri-sidoarjo.ac.id/id/eprint/369

Actions (login required)

View Item View Item