PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA SENOPATI

Michael, Rivansius and Widodo, J. Priyanto and Abdullah, A. Fatikhul Amin PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA SENOPATI. Repository STKIP PGRI Sidoarjo. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
1444036 - Rivansius Michael.pdf

Download (340kB) | Preview

Abstract

Prestasi belajar Merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari kegiatan belajar, karena kegiatan belajar merupakan proses, sedangkan prestasi belajar merupakan output dari proses belajar, lazimnya ditunjukkan dengan angka nilai yang diberikan oleh guru. Sejarah merupakan mata pelajaran yang dianggap sulit oleh siswa SMA Senopati pada Kompetensi Keahlian Sejarah. Terbukti masih banyaknya siswa dengan prestasi belajar rendah yaitu kurang dari Kriteria Ketuntasan Minimun (KKM). Penelitian ini membahas tentang pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di SMA Senopati Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian Ex-post Facto yang bersifat deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif Penelitian Ex-post Facto adalah sebuah penelitian yang bertujuan untuk mengamati fenomena alamiah untuk mengungkapkan fakta yang ada tanpa melakukan manipulasi variabel bebas. Penelitian ini bersifat deskriptif korelasional karena merupakan penelitian yang dimaksudkan untuk mengumpulkan informasi mengenai ada tidaknya hubungan antara dua atau beberapa variable. Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah beradaa pada kategori tinggi pada interval 51-79 dengan frekuensi sebesar 55 responden atau 94.83%. Maka skor rata-rata untuk motivasi belajar siswa adalah 69,38 dengan standar deviasi 6.628. Prestasi belajar sejarah yang diperoleh dari nilai UAS genap, berada pada kategori tinggi yaitu diperoleh oleh 39 responden atau 67.24 persen. Maka skor rata-rata untuk Prestasi belajar sejarah sebesar 79.46 dan standar deviasi 7.85. Motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah di SMA Senopati Sidoarjo tahun ajaran 2017/2018 (pada taraf 0,05) diperoleh

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: (Motivasi Belajar, Prestasi Belajar)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pendidikan Sejarah
Depositing User: Guntur Aprilaksono
Date Deposited: 16 Apr 2019 10:35
Last Modified: 18 Sep 2019 04:03
URI: https://repository.stkippgri-sidoarjo.ac.id/id/eprint/362

Actions (login required)

View Item View Item