PENGARUH PEMUTARAN FILM G 30 S/PKI TERHADAP NASIONALISME SISWA KELAS X SMK PGRI 3 SIDOARJO TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Rahmat, Sebastianus Sefri and Wartoyo, FX and Prasetyo, Yudi PENGARUH PEMUTARAN FILM G 30 S/PKI TERHADAP NASIONALISME SISWA KELAS X SMK PGRI 3 SIDOARJO TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Repository STKIP PGRI Sidoarjo. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
1444038 - ARTIKEL.pdf

Download (490kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang pemutaran film G 30 S/PKI terhadap nasionalisme siswa kelas X di SMK PGRI 3 Sidoarjo, Pelaksanaan Pendidikan nasionalisme serta dampak positif dan dampak negatif pendidikan nasionalisme. Penelitian ini dilaksanakan di SMK PGRI 3 Sidoarjo tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan populasi seluruh siswa kelas X APK yang berjumlah 44 siswa. Sampel penelitian ini siswa kelas X APK. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi, teknik observasi dan teknik dokumentasi. Teknik Analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data (DataReduction), penyajian data (Data Display), verifikasi atau penyimpulan data. Hasil dari penelitian ini yaitu latar belakang pemutaran film G 30 S/PKI adalah mengajak siswa-siswi, rakyat Indonesia dan seluruh generasi muda untuk tidak melupakan sejarah bangsa Indonesia pada masa lalu, mencegah agar peristiwa itu tidak terjadi lagi dan mengajak seluruh bangsa Indonesia untuk lebih memahami sejarah bangsanya sendiri. Pelaksanaan pendidikan nasionalisme di SMK PGRI 3 Sidoarjo dilakukan di dalam kegiatan pembelajaran dan di luar kegiatan pembelajaran, misalnya kegiatan di dalam pembelajaran, pada saat memasuki ruangan siswa wajib mengucap salam, sebelum pembelajaran berlangsung siswa terlebih dahulu berdoa. Kegiatan di luar pembelajaran misalnya, guru saling bergantian untuk mendampingi siswa pada saat upacara bendera, mengajarkan siswa untuk bersikap disiplin dan tertib pada saat upacara, melatih siswa untuk menyapa apa bila bertemu bapak atau ibu guru baik itu di sekolah maupun diluar sekolah, melibatkan siswa pada setiap kegiatan perlombaan. Dampak Positif dan Negatif Pendidikan Nasionalisme. Dampak Positif, siswa sangat antusias dan terlihat bersemangat dalam segala kegiatan yang diadakan di SMK PGRI 3 Sidoarjo dan guru selalu mengawasi, membimbing, serta memotivasi siswa dalam semua kegiatan yang berkaitan dengan pendidikan nasionalisme. Dampak Negatif, Siswa lebih banyak menghabiskan waktu dan lebih banyak berinteraksi di masyarakat dan perlunya perhatian yang lebih dari orang tua, Beberapa siswa kurang antusias dalam setiap kegiatan yang diadakan oleh sekolah dan siswa terlihat lalai dalam mengikuti semua kegiatan yang diadakan sekolah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pemutaran Film G 30 S/PKI, Nasionalisme
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pendidikan Sejarah
Depositing User: Guntur Aprilaksono
Date Deposited: 05 Apr 2019 09:44
Last Modified: 05 Apr 2019 09:44
URI: https://repository.stkippgri-sidoarjo.ac.id/id/eprint/355

Actions (login required)

View Item View Item