PERBANDINGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS ANTARA SISWA BELAJAR DI KUMON DENGAN SISWA MANDIRI

Sholichah, Imro'atus and Agustina, Eka Nurmala Sari and Dhewy, Risdiana Chandra PERBANDINGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS ANTARA SISWA BELAJAR DI KUMON DENGAN SISWA MANDIRI. Repositori STKIP PGRI Sidoarjo. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
a. 1431038 - ARTIKEL.pdf

Download (440kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang belajar di Kumon dengan siswa mandiri. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain posttest pada kelas kumon dan kelas mandiri tanpa memberikan pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun 2018 di SMP Negeri 2 Candi dan Kumon Taman Tiara. Untuk penentuan sampel yaitu sampel yang diambil 30 siswa mandiri dan 30 siswa Kumon. Instrumen penelitian ini yaitu Posttest. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini meliputi : dilakukan Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji Komparasi 2 sampel Independen dan setelah itu menyimpulkan hasil penelitian apakah ada perbedaan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang belajar di kumon dengan siswa mandiri. Hasil analisis menunjukkan bahwa t-hitung (3,82) > t-tabel (2,00172). Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan kemampuan berpikir kritis antara siswa mandiri dengan siswa kumon dengan hasil dari nilai rata-rata kelas mandiri lebih tinggi dari pada kelas kumon.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Comparative Ability of Critical Thinking, Statistics, Comparison
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Imro'atus Sholichah
Date Deposited: 05 Apr 2019 09:26
Last Modified: 05 Apr 2019 09:26
URI: https://repository.stkippgri-sidoarjo.ac.id/id/eprint/328

Actions (login required)

View Item View Item