LITERASI MATEMATIS SISWA BERDASARKAN SELF-EFFICACY

Parastuti, Nia Erlita and Agustina, Eka Nurmala Sari and Mubarokah, Lailatul LITERASI MATEMATIS SISWA BERDASARKAN SELF-EFFICACY. Repository STKIP PGRI Sidoarjo. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (1431056-Artikel)
1431056-ARTIKEL.pdf

Download (409kB) | Preview

Abstract

Untuk menyelesaikan soal literasi matematis, siswa perlu memiliki keyakinan untuk dapat berhasil dalam menghadapi dan menyelesaikan kesulitan-kesulitan. Keyakinan ini disebut self-efficacy. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan literasi matematis siswa berdasarkan self-efficacy dengan penerapan soal matematika PISA. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2017/2018 di SMP Bilingual Terpadu Krian-Sidoarjo kelas VIII-i. Penentuan subjek dilakukan dengan memberikan angket The Mathematics Self-efficacy Questionnaire (MSEQ) yang menunjukkan 10 siswa dengan self-efficacy tinggi dan 22 siswa dengan self-efficacy rendah. Selanjutnya, dipilih subjek penelitian yang terdiri dari 1 siswa dengan self-efficacy tinggi dan 1 siswa dengan self-efficacy rendah. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes SM- PISA dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini didasarkan pada proses literasi matematis yaitu formulate, employ dan interprete. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan self-efficacy tinggi hanya mampu melakukan proses employ dengan baik dan siswa dengan self-efficacy rendah tidak mampu melakukan ketiga proses literasi matematis.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Profil, Literasi matematis, Matematika PISA, Self-Efficacy.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Nia Erlita Parastuti
Date Deposited: 05 Apr 2019 09:22
Last Modified: 05 Apr 2019 09:22
URI: https://repository.stkippgri-sidoarjo.ac.id/id/eprint/324

Actions (login required)

View Item View Item