Analisis Keterampilan Bertanya Dalam Diskusi Kelompok Ditinjau Dari Kemampuan Komunikasi Matematis Tinggi

Rohmah, Aizzatur and Kusumawati, Intan Bigita and Nuriyatin, Siti Analisis Keterampilan Bertanya Dalam Diskusi Kelompok Ditinjau Dari Kemampuan Komunikasi Matematis Tinggi. Repository STKIP PGRI SIDOARJO. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
artikel 2.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran tidak terlepas dari komunikasi. Dalam pembelajaran matematika, siswa akan lebih aktif jika dalam proses pembelajaran siswa lebih sering mengajukan pertanyaan. Keterampilan bertanya dipengaruhi oleh tingkat kemampuan komunikasi matematis tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan keterampilan bertanya siswa ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis tinggi, Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang dilakukan adalah deskriptif. Penelitian ini dilakukan di kelas IX E MTs Negeri 1 Sidoarjo. Penentuan subjek keterampilan bertanya dengan melakukan tes soal komunikasi matematis. Indikator keterampilan beranya diantaranya adalah frekuensi pertanyaan, substansi pertanyaan, bahasa yang digunakan siswa ketika mengajukan pertanyaan, volume suara ketika bertanya, dan kesopanan dalam mengajukan pertanyaan.Penelitian ini menggunakan 2 subjek berkemampuan komunikasi matematis tinggi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan soal tes dan lembar observasi. Hasil dari penelitian ini adalah 2 siswa yang memiliki kemampuan komunikasi matematis tinggi memenuhi 5 indikator keterampilan bertanya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: keterampilan, bertanya, diskusi kelompok, kemampuan komunikasi matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Aizzatur Rohmah
Date Deposited: 18 Sep 2018 08:20
Last Modified: 18 Sep 2018 08:20
URI: https://repository.stkippgri-sidoarjo.ac.id/id/eprint/318

Actions (login required)

View Item View Item