KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA BERGAYA BELAJAR VISUAL, AUDITORIAL, DAN KINESTHETIC

Rohmawati, Nanik and Sukriyah, Dewi and Kusumawati, Intan Bigita KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA BERGAYA BELAJAR VISUAL, AUDITORIAL, DAN KINESTHETIC. Repository STKIP PGRI Sidoarjo. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
1431055 - Artikel.docx.pdf

Download (707kB) | Preview

Abstract

Kemampuan dasar yang harus dimiliki siswa saat pembelajaran matematika adalah kemampuan komunikasi matematis NCTM (2000). Gaya belajar akan memengaruhi bagaimana siswa belajar dan memahami materi yang diajarkan oleh guru dengan adanya beragam gaya belajar “visual, auditorial, dan kinesthetic” akan memengaruhi bagaimana siswa tersebut mengkomunikasikan ide-ide. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa SMA ditinjau dari gaya belajar visual, auditorial, dan kinesthetic pada materi permutasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 6 siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket untuk menggelompokkan siswa berdasarkan gaya belajarnya dan tes tertulis untuk mengungkap kemampuan komunikasi matematis siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa siswa visual mampu menjelaskan ide-ide matematika dengan gambar secara tepat dan sesuai maksud soal. Siswa auditorial hanya mampu memahami ide-ide matematika dengan membuat permodelan matematika secara tertulis. Siswa kinesthetic mampu mengekspresikan ide-ide matematika dengan menulis apa yang diketahui dan ditanyakan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Komunikasi matematis, gaya belajar VAK
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Nanik Rohmawati
Date Deposited: 05 Apr 2019 07:35
Last Modified: 05 Apr 2019 07:35
URI: https://repository.stkippgri-sidoarjo.ac.id/id/eprint/312

Actions (login required)

View Item View Item