ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X SMA PGRI 5 SIDOARJO DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN INTROVERT DAN EKSTROVERT

Chasanah, Uswatun ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X SMA PGRI 5 SIDOARJO DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN INTROVERT DAN EKSTROVERT. Jurnal Edukasi. ISSN 2443-0455 (Unpublished)

[img] Text
Artikel Uswatun Chasanah.rtf

Download (267kB)

Abstract

Dalam membangun siswa untuk berpikir kritis guru perlu melibatkan karakteristik yang dimiliki siswa pada proses pembelajaran. Karakteristik tersebut berupa kepribadian dari masing-masing individu. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari tipe kepribadian introvert dan ekstrovert. Kemampuan berpikir kritis yang digunakan dalam penelitian ini mengadaptasi dari indikator Jacob & Sam (2006) yang meliputi klasifikasi, asessmen, penyimpulan, dan stretegi/taktik. Instrumen yang digunakan adalah angket tes kepribadian, tes pemecahan masalah, dan pedoman wawancara. Berkaitan dengan tujuan penelitian, hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis siswa ditinjau dari kepribadian introvert bisa memenuhi ketiga indikator, tetapi pada indikator strategi/taktik terdapat perbedaan pada subjek yang masih kurang memenuhi. Kemampuan berpikir kritis siswa ditinjau dari kepribadian ekstrovert bisa memenuhi pada indikator asessmen dan penyimpulan, serta belum bisa pada indikator klasifikasi dan srategi/taktik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kritis, Pemecahan Masalah Matematika, Kepribadian Introvert dan Ekstrovert.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Guntur Aprilaksono
Date Deposited: 16 May 2018 02:24
Last Modified: 16 May 2018 02:24
URI: https://repository.stkippgri-sidoarjo.ac.id/id/eprint/30

Actions (login required)

View Item View Item