MENGORGANISASI ISI PEMBELAJARAN MODEL ELABORASI PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI SMA

Widodo, J. Priyanto (2015) MENGORGANISASI ISI PEMBELAJARAN MODEL ELABORASI PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI SMA. Jurnal Edukasi, 1 (1). pp. 51-60. ISSN 2443-0455

[img]
Preview
Text
J Priyanto Widodo - 51-60.pdf

Download (158kB) | Preview

Abstract

Model Elaborasi ditawarkan sebagai salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk merancang pembelajaran dalam kelas. Model Elaborasi adalah variabel metode yang terdapat dalam strategi pengorganisasian pembelajaran di tingkat makro. Hal ini menawarkan metode untuk mengatur isi dari subjek, dan tidak terkait dengan strategi manajemen. Dimulai dari presentasi epitome sebagai garis besar isi dan inti dari subjek. Setelah presentasi dari epitome dilakukan langkah demi langkah, elaborasi datang dengan bagian-bagian yang lebih rinci dan selalu diikuti dengan ringkasan. Kemudian, dilanjutkan dengan sintesis untuk menghubungkan konsep-konsep yang telah dipelajari sehingga pemahaman terhadap konsep akan signifikan. Organisasi konten dan materi di Sosiologi subjek di SMA belum banyak dilakukan oleh para guru di Indonesia. Sejauh ini, para guru Sosiologi telah mengorganisir isi atau materi sesuai dengan urutan dalam kurikulum dan buku teks. Seperti jenis teknik yang sering membuat siswa sulit untuk memahami materi secara menyeluruh. Pengembangan ini bertujuan untuk menguji desain pembelajaran Sosiologi dengan menggunakan urutan yang ada dalam model elaborasi dan melihat minat siswa dalam penelitian dengan menggunakan model elaborasi

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Material, Elaborasi Model, Sosiologi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pendidikan Sejarah
Depositing User: Umi Nur Hastuti
Date Deposited: 08 Mar 2018 03:07
Last Modified: 08 Mar 2018 03:07
URI: https://repository.stkippgri-sidoarjo.ac.id/id/eprint/2

Actions (login required)

View Item View Item